Wahyudi " si beseck" Kurniawan

19 July 2012

Tehknik Bermain Atlet Tenis Meja Dunia

Backhand Pembuka Zhang Jike

Zhang Jike adalah juara dunia terbaru yang sukses mengalahkan Wang Hao di final kejuaraan dunia WTTC Rotterdam yang baru saja selesai dihelat tahun 2011 ini di Belanda. Jike ditakuti akan serangannya yang ganas dan akurat. Zhang Jike juga terkenal memiliki senjata andalan atau spesialisasinya yaitu pukulan backhand pembuka yang bisa dia gunakan untuk menerima servis apapun dan dari manapun! Pukulan ini bisa dia lakukan baik dari belakang meja maupun di atas meja untuk menyerang bola-bola pendek. Kita akan membahas pukulan backhand pembukanya yang dilakukan dari atas meja untuk menangani servis ataupun push pendek dari lawan untuk merebut inisiatif. Ada tiga urutan gambar di bawah ini yang menunjukkan urutan pukulan Zhang Jike dilihat dari samping kanan (A1-7), dari samping kiri (B1-7) dan dari depan (C1-7). Dengan tiga sudut pandang ini anda diharapkan mendapat gambaran yang lebih jelas dan mampu memahami lebih cepat dan lebih baik. Persiapan awal (A1-3, B1-3, C1-3): Zhang mengambil ancang-ancang atau persiapan awal sebelum melakukan teknik khasnya, kaki berada di posisi sejajar dan sedikit ditekuk dan tubuh atas mulai membungkuk menyesuaikan ketinggian bola yang datang (A, B, C3). Kemudian diikuti dengan gerakan menaikkan siku dan raket di atas meja. Sudut awal raket sangat sempit atau nyaris tertutup (A, B, C3). Dari gerakan awal inilah jurus maut Zhang Jike akan dimulai.



Backswing (A4, 5, B4, 5, C4, 5):
Zhang saat ini menekuk lututnya lebih rendah dan membungkukkan badannya supaya bisa menambah jangkauan ke depan. Secara simultan dan berkesinambungan, dia mulai menggerakkan raket ke arah badan / belakang dengan siku bergerak maju / ke depan sesuai gambar (A, B, C4) untuk mencapai posisi backswing yang paling optimal. Perhatikan posisi raket yang berada di atas meja. Dengan menekuk siku dan bahu ke depan sementara menarik posisi raket ke belakang di saat yang sama, otot-otot tubuh Zhang terutama di bagian bahu dan lengan sudah siap untuk melakukan pukulan backhand pembuka. Yang paling penting untuk diperhatikan di sini adalah posisi pergelangan tangan. Dengan melihat gambar A, B, dan C 5 anda tentu melihat jika pergelangan tangan Zhang Jike diputar sangat ekstrim ke arah belakang untuk menghasilkan tenaga putaran yang dahsyat ketika memukul bola dengan awalan yang sempit. Anda bisa membayangkan gerakan ini seperti gerakan awal orang memanah / menarik busur panah. Dengan posisi awal ini, gerakan backhand yang kemudian dilakukan akan sangat eksplosif dan memiliki efek putaran bola yang sangat mengagetkan.




Gerakan Inti (A, B, C6) and lanjutan (A, B, C7):
Zhang melakukan kontak dengan bola di atas meja dengan sudut raket hampir menutup. Saat ini kita bisa melihat bahwa Zhang tidak hanya menggerakkan tangannya saja namun seluruh bagian tubuh bersinergi ketika melakukan pukulan ini. Keseluruhan detail dari pukulan maut ini bisa dilihat di gambar A, B, dan C7. Sementara gambar-gambar C4, 5, 6, dan 7 menunjukkan betapa ekstrim gerakan pergelangan tangan Zhang dan bentuk pukulan yang menyerupai gerakan melingkar.


Kesimpulan: Zhang menunjukkan pada kita akan pentingnya salah satu variasi pukulan backhand topspin ini. Jika bola datang di atas meja atau sedikit di belakang meja, gerakan yang perlu kita ingat tetap sama: Maksimalkan gerakan pergelangan tangan, majukan posisi siku dan bahu, dapatkan posisi dan dukungan yang mantap dari badan dan kaki. Anda bisa mengatur timing dan posisi kontak dengan bola untuk mendapatkan variasi kecepatan, putaran dan panjang pendeknya arah pengembalian bola untuk membuat lawan anda semakin bingung menghadapi teknik modern yang satu ini.

Pukulan backhand pembuka Zhang Jike yang merupakan pukulan topspin backhand di atas meja ini saat ini menjadi senjata andalan wajib para petenismeja modern yang bertipe menyerang. Agresivitas serangan akan jauh meningkat dengan penguasaan teknik ini karena anda tidak perlu melakukan pukulan push atau chop untuk menerima service pendek dengan putaran backspin kuat dari lawan dan malah langsung bisa membuka serangan kejutan dengan putaran dan kecepatan yang bervariasi.

Sumber 

No comments:

Post a Comment