Wahyudi " si beseck" Kurniawan

19 July 2012

Tujuan Bermain Tenis Meja

Tujuan Bermain Tenis Meja

tujuan-pingpongDi dalam olahraga tenis meja, dua pemain (dalam nomor tunggal) atau dua tim masing-masing terdiri dari dua pemain (dalam nomor ganda), melakukan permainan yang terdiri dari beberapa set dan memperebutkan poin / angka tertentu, menggunakan raket / bat / blade dari kayu yang ditutup karet untuk memukul sebuah bola berdiameter 40 mm berbahan dasar seluloid melewati sebuah net setinggi 15.25 cm, sehingga bola sampai ke sisi meja permainan lawan. Mejanya sendiri berukuran panjang 2.74 m, lebar 1,525 m dan tinggi 76 cm.

Tujuan utama permainan tenis meja sendiri adalah untuk memenangkan permainan dengan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Tujuan lainnya biasanya untuk mencari kesenangan ataupun untuk menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar di saat yang sama.

Sebuah angka / poin berhak didapat seorang pemain ketika pemain lawan tidak bisa mengembalikan bola melewati net dan atau bola jatuh keluar dari meja. Sebuahpermainan dimenangkan oleh pemain yang paling cepat mengumpulkan 11 poin, dan sedikitnya memiliki selisih 2 poin dibanding poin yang dimiliki lawan. Jika terjadi kedudukan 10 sama, maka pemain pertama yang mendapatkan keunggulan 2 poin atas lawannya berhak memenangkan set tersebut.

Sebuah pertandingan dapat terdiri dari beberapa set permainan, tapi biasanya yang digunakan adalah sistem the best of 5 atau 7 games. Dalam sistem the best of 5, pemain pertama yang paling cepat meraih 3 set kemenangan adalah pemenangnya dan begitu juga dalam sistem best of 7, yang tercepat memenangi 4 set permainan keluar sebagai pemenangnya.

Sekilas Info

Pada tanggal 1 Oktober tahun 2000, ukuran bola yang dipakai dalam olahraga tenis meja berubah dari yang sebelumnya menggunakan bola berdiameter 38mm menjadi 40mm dengan berat 2,7 gram dan dibuat dari material seluloid. 
 

No comments:

Post a Comment