Wahyudi " si beseck" Kurniawan

05 Juni 2011

Mempercepat Loding Blog

Trik Jitu Mempercepat Loding Blog
Trik jitu menambah atau menaikan peforma blog ( kecepatan loding blog ) ini sebenarnya sangat simple, sepele dan logis. Namun justru itu kadang hal hal yang sepele suka luput untuk kita perhatikan.
Apa yang saya maksud kan di sini ialah ; jika kita mempunyai banyak file javascript, sering kali yang kita lakukan menyimpan dengan url ter-sendiri ( url file javascript -nya berbeda-beda ) walaupun tempat penyimpananya sama. maka yang terjadi saat loding blog, browser akan meminta dan menerima javascript satu persatu dengan cara dicicil. Tidak demikian halnya jika kita mengabungkan file-file javascript tersebut dalam satu file dan dalam satu url, maka secara logika browser akan menerima paket javascript yang kita miliki secara bersamaan. Sangat simple, sepele dan logis bukan ?
Cara seperti di atas telah saya aplikasikan pada blog ini dan terbukti menambah score sampai 4 (empat) bit di Yslow
Trik Jitu
Jika anda peduli dengan blog ke sayangan anda. Mari kita praktekan sekarang juga.

» Gunakan browser Firefox, kemudian unduh dan install pengaya { add-ons ) FireBug dan Yslow. ( sesuia kan dengan versi Firefox anda ).

» Setelah keduanya terinstall klik ikon Firebug di pojok kanan bawah browser ( icon mirip binatang kecoa ).

» Dalam tab menu pilih menu Yslow, kemudian klik Grade untuk mengetahui nilai status score blog kita ( ingat score anda berapa ).

» Masih dalam Yslow, kemudian klik menu Tool. Setelah itu pilih dan klik tulisan All JS Minified ( tool compres javascript).

» Dalam jendela yang terbuka banyak javascript yang telah di compres, pilih javascript yang ingin anda gabungkan. copy paste ke dalam program notepad. kemudian save as ke dalam format file JS ( contoh pada kolom file name di isi : myscript.JS . kemudian pada Save as Type pilih All File ).

» Upload file javascript tersebut ke tempat biasa anda menyimpanya. ( saran saya simpan di Code Google ).

» Sebelum mengganti dan menghapus javascript lama dengan file javacsript yang baru, di backup dulu terutama url javascript.

» Setelah beres dan tidak ada masalah, coba test kembali peforma blog anda di Yslow – klik Grade, dan perhatikan berapa bit score angkanya, berapa score perubahannya.. dan laporkan di sini kepada saya.. heheheh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tterima kasih untuk narasumber dan pengunjung ....jika ada yg perlu di tanyakan....tanyakan saja...tapi jangan nunggu jawaban yaa...maaf...yg punya blog lagi kena penyakit malees....