Wahyudi " si beseck" Kurniawan

19 July 2011

Obat Tradisional

Obat Tradisional

Agar Rambut Tumbuh Subur
Ambil daun lidah buaya yang agak besar, kemudian kupas kulitnya yang hijau. Lendir didalamnya diambil dan dioleskan ke dasar rambut pada malam hari. Mengoleskannnya sambil ditekan-tekan agar lendir tesebut dapat meresap sampai ke pori-pori. Setelah itu bungkus kepala dengan handuk terus tidur. Pagi harinya rambut dibersihkan dan lakukan hal ini berulang-ulang sampai rambut nampak hitam dan lebat.

Agar Rambut Tidak Rontok
Apabila rambut anda rontok, maka cara mengatasinya adalah dengan cara :
Carilah jeruk nipis dan belah dua, kemudian belahan jeruk nipis tersebut dioleskan ke rambut yang rontok. Cara yang kedua yaitu dengan cara menebang batang pisang, kemudian ubi batang pisang kita lobangi, maka keesokan harinya lobang tersebut akan mengeluarkan air. Air inilah yang kita oleskan ke kulit rambut.

Agar Rambut Tetap Hitam Dan Tidak Beruban
Ambil air sisa teh semalam (teh basi) kemudian dapat dipergunakan untuk keramas sebagai ganti sampo.

Agar Rambut Bebas Ketome

Keramaslah rambut anda dengan menggunakan londo merang. Londo merang adalah tangkai padi yang dibakar terus abunya dicampur dengan air. Airnya disaring dengan memakai saringan air.

Penyembuhan penyakit Melalui Pijat
Anda dapat mengobati beberapa penyakit dengan cara memijat bagian tubuh tertentu misalnya untuk sakit kepala, pijatlah jempol kaki dan tangan. Untuk leher serak, pijatlah daerah disekitar leher atau tulang leher. Untuk sakit pundak dan lengan pijatlah seputar sendi siku tangan, pergelangan tangan, telapak tangan dan jari-jari tangan. Untuk penyakit maag, pijatlah tengah telapak kaki dan tangan. Untuk tekanan darah tinggi, pijatlah ujung ibu jari tangan dan ujung jari tengah dengan sekuat-kuatnya. Untuk tekanan darah rendah, pijatlah ibu jari tangan dan sekitarnya, telunjuk tangan dan sekitarnya. Untuk sukar tidur (insomnia), ujung jari tangan kanan dan kiri diadukan dan ditekan sekuat-kuatnya, kemudian buah pala disedu dengan air panas dan diberi gula pasir terus diminum.

Mengobati Demam Orang Dewasa
Ambil satu butir telur ayam, dan ambil kuningnya saja dan kemudian dikocok sampai berbusa. Tambahkan 10 sendok makan air kunyit dan madu satu sendok makan. Kemudian diminum.

Mengobati Kencing Batu
Rebuslah daun kumis kucing secukupnya, kemudian dinginkan dan diminum tiga kali sehari.

Mengobati Kencing Manis (Diabetes)
Cara pertama adalah makanlah undur-undur hidup sebanyak dua ekor setiap hari.Cara yang kedua adalah rebuslah daun murbei segenggaman tangan, daun meniran segenggam tangan, daun kumis kucing segenggaman tangan, dan petai cina setengah gelas belimbing. Rebuslah dengan menggunakan 2 liter air dan jadikan sampai kira-kita 1,5 liter. Minum air rebusan tersebut tiga kali sehari.

Mengobati Sakit Batuk
Kupaslah kencur sebesar ibu jari dan temu giring sebesar jari manis kemudian diparut. Parutan tersebut ditambahkan air 1,5 gelas kemudian disaring. Rebuslah air saringan tersebut dan dinginkan suam-suam kuku. Yang terakhir ambil satu buah jeruk nipis dan masukkan kedalam air rebusan tadi dan tambahkan madu satu sendok makan. Minum ramuan tersebut pagi dan sore.

Mengobati Sakit Perut Karena Masuk Angin

Parutlah Jahe kemudian gosokkan hingga merata ke perut sambil diurut-urut dengan tangan. Kemudian minumlah kopi panas yang telah dicampur dengan jahe. Caranya jahe dibakar terus dipukul-pukul sampai pecah. Kemudian jahe tersebut diseduh bersama gula dan kopi. Minumlah ramuan tersebut sampai sembuh.

Mengobati Sakit Perut Karena Kebanyakan Makan Pedas

Kunyit sebesar ibu jari dikupas kulitnya, kemudian diiris tips-tipis dan dimasukan kedalam gelas. Tambahkan gula batu secukupnya dan asam satu tangkai dan disedu dengan air mendidih. Dinginkan suam-suam kuku dan minum.

Mengobati Sakit Disentri
Buah sawo yang masih muda dikupas kulitnya, kemudian dicuci sampai bersih dan diparut. Kemudian tuangkan air mendidih sebagaimana membuat teh. Dinginkan dan minum setelah disaring terlebih dahulu. Cara kedua adalah rebuslah daun jambu klutuk sampai mendidih. Kemudian air rebusan tersebut diminum masing-masing pagi dan sore. Cara terakhir yang paling mudah adalah memakan salak yang masih muda.

Mengobati Susah Buang air besar

Cara yang paling aman dan ampuh adalah dengan perbanyak minum air putih minimal delapan gelas sehari dan perbanyaklah makan buah pepaya dan sayur-sayuran.

Mengobati Jerawat

Bersihkanlah wajah anda setiap sebelum tidur, kemudian oleskan dengan jeruk nipis. Insya Allah kulit anda akan terbebas dari jerawat dan kulit anda akan kelihatan putih.

Mengobati Panu
Carilah jahe sedikit saja menurut keperluan, kemudian cuci bersih dan dikupas serta diparut. Setelah diparut, campurkan dengan sedikit minyak kayu putih, dan kemudian dioleskan ke kulit yang berpanu setiap hari sampai sembuh.

Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Untuk orang yang terkena penyakit tekanan darah tinggi, usahakanlah untuk tidak memakan segala macam daging kecuali ikan dan tidak memakan garam, minum kopi dan merokok SEDIKITPUN. Selanjutnya cukuplah istirahat dan berolah raga. Gantilah kebiasaan mengopi anda dengan meminum teh hijau tanpa gula minimal dua kali sehari. Untuk pengobatannya ambil daun pokat sebanyak 21 lembar direbus didalam air 9 gelas dan biarkan mendidih sampai air tersisa 3 gelas saja. Minum tiga kali sehari. Kemudian perbanyak memakan lalapan seldri dan ketimun.

Mengobati Caplak
Ambillah sabun, kapur sirih, dan kemangi dihaluskan menjadi satu, kemudian dioleskan ke caplak yang ingin dihilangkan.

Mengobati Mimisan
Orang yang mimisan disuruh berbaring terlebih dahulu, kemudian ambil daun sirih yang sudah dicuci, dan gulung hingga kecil agar dapat dimasukkan kedalam lobang hidung yang sedang mimisan. Kompreslah kepala anak yang sedang mimisan tersebut dengan handuk basah.

Mengobati Sakit Reumatik
Ambil beberapa lembar daun ubi kayu kemudian ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit kapur sirih. Adonan tersebut digosok-gsokan ke tempat yang terasa sakit, pegal, dan nyeri. Lakukanlah berulang kali hingga sembuh.

Menyegarkan Air Susu Ibu
Ambil daun pepaya yang ukurannya sedang dan tidak terlu tua ataupun muda. Tumbuk hingga halus didalam lumpang. Tumbukan tersebut diperas dengan air dan dicampur dengan sedikit gula pasir. Minumlah air tersebut. Insya Allah air susu ibu akan banyak dan segar.

Mengobati Sakit Pinggang

Ambil daun alpukat sebanyak 20 lembar dan dicuci bersih kemudian direbus dengan air sebanyak 4 gelas belimbing. Tunggu hingga mendidih dan airnya tersisa hanya 2 gelas saja. Saring air dan diminum masing-masing satu gelas pagi dan sore.

Mengobati Sakit Gatal
Ambil daun jarak beberapa lembar kemudian rebus hingga airnya mendidih. Kalau sudah mendidih tuangkan kedalam ember besar dan daunnya dibuang. Kemudian campur dengan sedikit air dingin dan gunakanlah untuk mandi.

Mengobati Sesak Nafas
Minumlah air hangat yang telah dicampur dengan cengkih. Insya Allah sesak nafas ringan akan segera hilang.

Mengobati Kurang Darah

Kunyit diparut kemudian diperas dengan air masak yang sudah dingin. Kemudian campur dengan gula aren dan ditambah sedikit garam. Kemudian diminum secara rutin.

Mengobati Kutil
Labu siam diiris kemudian getahnya di gosok-gosokkan ke kutil yang melekat di kulit. Lakukan berulang kali hingga kutilnya lepas dengan sendiri.

Mengobati Bisul
Ambil ketimun kemudian diparut dan dicampur dengan biji pala yang telah diparut juga. Adonan tersebut dibungkus dengan daun pisang terus diopen dengan menggunakan open biasa. Kemudian tempelkan ke kulit yang ada bisulnya dengan menggunakan perban. Lakukan selama 5hari berturut-turut. Insya Allah bisulnya akan segera pecah dengan sendirinya.

Mengobati Benjol Dikepala
Ambil selembar daun pisang dan tarus diatas kompor minyak yang sedang menyala. Setelah hangat tempelkan ke benjol. Insya Allah benjol akan mengempis dengan sendirinya.

Mengobati Kaki Lumpuh
Daun turi satu genggam, kencur satu genggam, asem hitam satu kelereng dan garam sedikit. Semua bahan diatas ditumbuk sampai halus. Oleskan ramuan tersebut keatas kaki yang lumpuh dan dipijat-pijat dari pangkal paha hingga ke ujung jari kaki. Lakukan setiap jam 6 pagi dan 6 sore sampai sembuh

Mengobati Sakit Tipes

Cacing tanah dibakar sampai gosong (bisa diambil 1 cangkir cacing tanah) setelah gosong ditumbuk sampai halus dan campurlah dengan 1 sendok makan bubuk kopi. Buatlah wedang dari kopi dan cacing ini dengan ditambah 1 sendok madu. Anak yang sakit disuruh minum selama 3 hari.

Khasiat Bawang Putih
Bawang putih dapat dipergunakan sebagai obat sakit kepala yang cukup ampuh. Anda bisa memakannya sebanyak 1-2 bungkul besar sekaligus sebagai lalap. Bisa dimakan dengan tahu goreng atau sambal. Kurang lebih 1 jam pusing akan hilang (juga pusing yang diakibatkan oleh penyakit darah tinggi)

Manfaat Getah Pisang
Bila terkena luka bakar yang masih baru, bisa diobati dengan air getah pisang. maka akan segera sembuh tanpa melepuh terlebih dahulu.

Mengobati Wasir
Bila keluarga anda terkena cacingan atau wasir, maka obatilah dengan cara ambil segenggam akar pohon cemara, cuci, dan rebuslah dengan 1 liter air bersih, bisa ditambahkan gula aren dan sedikit garam dapur. Minumlah pagi dan sore satu gelas saja. wasir dan cacingannya akan sembuh.

Mengobati Cacing Kremi

Untuk membasmi cacing kremi cukup dengan perasan air wortel, santan kental, dan sedikit garam dapur dicampur lalu diminum. Cacing kremi akan lenyap dengan segera.
sumber

No comments:

Post a Comment